RAPAT KERJA SMAN 2 SENDAWAR


RAPAT KERJA SMAN 2 SENDAWAR 

DALAM RANGKA MEMPERBAHARUI VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH (2019-2019)

SERTA DOKUMEN 1 KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2019-2024)

Foto Pembukaan Rapat Kerja SMAN2 Sendawar

Hari/Tanggal : Sabtu, 20 Juli 2019
Pukul : 08.00 s.d Selesai
Tempat : SMA Negeri 2 Sendawar
Agenda
1. Bedah Kurikulum K-2013
2. Perumusan Visi-Misi Sekolah
3. Dan Lain-lain yang di anggap penting

MATERI
1. Pemaparan tentang perumusan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah (Narasumber: Nikolaus, M.Si)
2. Pemaparan tentang penyusunan dokumen 1 (Narasumber: Muhammad Ruslie, S.Pd)
3. Tantangan dunia kerja bagi lulusan SMA (Narasumber: Rimdius)

Langkah-langkah perumusan visi, misi dan tujuan sekolah
  • Visi : adalah gambaran masa depan yang ingin di capai oleh SMAN 2, hal itu bertujuan untuk menjamin kelangsungan dan perkembangan yang ingin di capai di masa yg akan datang
  • Gambaran tersebut haruslah berdasar pada landasan yuridis yang berlaku seperti UU pendidikan dan sejumlah peraturan lainnya.
Foto (Narasumber: Nikolaus, M.Si)
Visi adalah pernyataan yg merupakann sarana untuk :
  • Menggambarkan hubungan antara organisasi dengan stakholders SDM,konsumen(Masyarakat), pihak terkait.
  • Mengkomunikasikan Keberadaan SMAN2 dalam hal dan tujuan pokok. 
  • Menyatakan sarana utama kinerja SMAN2 dalama hal pertumbuhan dan perkembangan.
Bagaimana merumuskan visi :
  • Visi harus dapat memberikan panduan arahan dan motivasi.
  • Visi harus dapat memberikan gambaran yang ideal tentang masa depan yang ingin di capai.
  • Visi harus dapat memberikan arahan dan mendorong anggota organisasi untuk menunjukan kinerja yang baik.
  • Visi harus dapat menjembatani masa kini dan masa yang akan datang.
  • Bersifat Dinamis.
Berdasarkan uraian di atas rumusan visi sekolah harus :
  • visi sekolah harus berorientasi ke masa depan untuk jangka waktu yang lama.
  • visi sekolah harus mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin di capai.
  • visi sekolah harus menjadi dasar untuk mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan sekolah ke arah yang lebih baik.
  • visi sekolah harus disertai indikator capaian
Pengertian Misi :
Membuat pernyataan atau hal-hal yang harus dicapai organisasi.

Kriteria dalam merumuskan misi sekolah :
  • Misi merupakan penjabaran dai visi dalam bentuk rumusan, tugas, kewajiban dan rancangan tindakan yang akan dijadikan arahan untuk mewujudkan visi.
  • Penjelasan tentang program pelayanan yang di butuhkan oleh masyarakat.
  • Kualitas program dan pelayanan yang di tawarkan memiliki daya saing yang meyakinkan konsumen/masyarakat.
Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam merumuskan misis sekolah :
  • Pernyatan misi sekolah harus menunjukan secara jelas mengenai apa yang hendak di capai oleh sekolah.
  • Rumusan misi dalam bentuk kalimat yang menunjukan tindakan bukan kalimat yang menunjukan keadaan.
  • Misi sekolah harus menggambarkan tentang pelayanan yang akan diberikan kepada siswa.
  • Misi harus memiliki daya saing yang tinggi namun disesuaikan dengan kondisi sekolah.
Merumuskan Tujuan Sekolah :
  • Tujuan merupakan penjabaran dari pernyataan misi.
  • Tujuan adalah suatu yang akan di capai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah di tentukan.
  • Tujuan tidak harus dalam bentuk kuantitatif tapi harus dapat menunjukan kondisi  yang ingin di capai dimasa mendatang.
  • Tujuan harus dapat menyediakan dasar yang kuat untuk menetapkan indikator.
Foto Rapat Kerja SMAN 2 Sendawar

IDENTIFIKASI STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

ANALIS KONTEKS
  • Identifikasi snp 
  • Standar kompetensi lulusan
  • Standar isi
  • Standar pengelolaan
  • Standar proses
  • Standar pemikiran
Foto (Narasumber: Muhammad Ruslie, S.Pd)

Bagaimana Mengidentifikasi?

1. IDENTIFIKASI SI&SKL
  • Standar Isi
  • Kerangka dasar dan struktur kurikulum
  • Beban belajar
  • KTSP
  • Kalender pendidikan
  • Standar Kompetensi Lulusan
  • SKL satuan Pendidikan
  • SKL Kel. mata pelajaran
  • SKL mata pelajaran
Kondisi di satuan pendidikan.
Upaya pencapaian disesuakan dengan kondisi satuan pendidikan.

Bagaimana Mengidentifikasi ?

Standar Proses :
  • Penyiapan per pembelajaran.
  • Pelaksanaan proses pembelajaran.
  • Penilaian hal bel
  • Pengawasan Pembelajaran
Standar Penilaian Pendidikan :
  • Perangkat Penilaian
  • Pelaksanaan Penilaian
  • Hasil Penilaian
2.PENYUSUNAN KTSP
  • Prinsip Pengembangan Ktsp
  • Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
  • Beragam dan terpadu
  • Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
  • Menyeluruh dan keseimbangan.
  • Belajar sepanjang hayat.
  • Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
ACUAN OPERASIONAL KTSP
  1. Peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia.
  2. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
  3. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan.
  4. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional.
  5. Tuntutan dunia kerja.
  6. Perkembangan Ilmu Pengetahuan.
  7. Agama.
  8. Dinamika perkembangan global.
  9. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.
  10. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat.
  11. Kesetaraan Jender.
  12. Karakteristik Satuan Pendidikan





0 Response to "RAPAT KERJA SMAN 2 SENDAWAR "

Posting Komentar