RAPAT KERJA SMAN 2 SENDAWAR
Sabtu, 20 Juli 2019
Edit
RAPAT KERJA SMAN 2 SENDAWAR
DALAM RANGKA MEMPERBAHARUI VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH (2019-2019)
SERTA DOKUMEN 1 KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (2019-2024)
Foto Pembukaan Rapat Kerja SMAN2 Sendawar
Hari/Tanggal : Sabtu, 20 Juli 2019
Pukul : 08.00 s.d Selesai
Tempat : SMA Negeri 2 Sendawar
Agenda
1. Bedah Kurikulum K-2013
2. Perumusan Visi-Misi Sekolah
3. Dan Lain-lain yang di anggap penting
MATERI
1. Pemaparan tentang perumusan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah (Narasumber: Nikolaus, M.Si)
2. Pemaparan tentang penyusunan dokumen 1 (Narasumber: Muhammad Ruslie, S.Pd)
3. Tantangan dunia kerja bagi lulusan SMA (Narasumber: Rimdius)
Langkah-langkah perumusan visi, misi dan tujuan sekolah
- Visi : adalah gambaran masa depan yang ingin di capai oleh SMAN 2, hal itu bertujuan untuk menjamin kelangsungan dan perkembangan yang ingin di capai di masa yg akan datang
- Gambaran tersebut haruslah berdasar pada landasan yuridis yang berlaku seperti UU pendidikan dan sejumlah peraturan lainnya.
Foto (Narasumber: Nikolaus, M.Si)
ANALIS KONTEKS
Visi adalah pernyataan yg merupakann sarana untuk :
- Menggambarkan hubungan antara organisasi dengan stakholders SDM,konsumen(Masyarakat), pihak terkait.
- Mengkomunikasikan Keberadaan SMAN2 dalam hal dan tujuan pokok.
- Menyatakan sarana utama kinerja SMAN2 dalama hal pertumbuhan dan perkembangan.
Bagaimana merumuskan visi :
- Visi harus dapat memberikan panduan arahan dan motivasi.
- Visi harus dapat memberikan gambaran yang ideal tentang masa depan yang ingin di capai.
- Visi harus dapat memberikan arahan dan mendorong anggota organisasi untuk menunjukan kinerja yang baik.
- Visi harus dapat menjembatani masa kini dan masa yang akan datang.
- Bersifat Dinamis.
Berdasarkan uraian di atas rumusan visi sekolah harus :
- visi sekolah harus berorientasi ke masa depan untuk jangka waktu yang lama.
- visi sekolah harus mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin di capai.
- visi sekolah harus menjadi dasar untuk mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan sekolah ke arah yang lebih baik.
- visi sekolah harus disertai indikator capaian
Pengertian Misi :
Membuat pernyataan atau hal-hal yang harus dicapai organisasi.
Kriteria dalam merumuskan misi sekolah :
- Misi merupakan penjabaran dai visi dalam bentuk rumusan, tugas, kewajiban dan rancangan tindakan yang akan dijadikan arahan untuk mewujudkan visi.
- Penjelasan tentang program pelayanan yang di butuhkan oleh masyarakat.
- Kualitas program dan pelayanan yang di tawarkan memiliki daya saing yang meyakinkan konsumen/masyarakat.
Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam merumuskan misis sekolah :
- Pernyatan misi sekolah harus menunjukan secara jelas mengenai apa yang hendak di capai oleh sekolah.
- Rumusan misi dalam bentuk kalimat yang menunjukan tindakan bukan kalimat yang menunjukan keadaan.
- Misi sekolah harus menggambarkan tentang pelayanan yang akan diberikan kepada siswa.
- Misi harus memiliki daya saing yang tinggi namun disesuaikan dengan kondisi sekolah.
Merumuskan Tujuan Sekolah :
- Tujuan merupakan penjabaran dari pernyataan misi.
- Tujuan adalah suatu yang akan di capai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah di tentukan.
- Tujuan tidak harus dalam bentuk kuantitatif tapi harus dapat menunjukan kondisi yang ingin di capai dimasa mendatang.
- Tujuan harus dapat menyediakan dasar yang kuat untuk menetapkan indikator.
Foto Rapat Kerja SMAN 2 Sendawar
IDENTIFIKASI STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
- Identifikasi snp
- Standar kompetensi lulusan
- Standar isi
- Standar pengelolaan
- Standar proses
- Standar pemikiran
Foto (Narasumber: Muhammad Ruslie, S.Pd)
Bagaimana Mengidentifikasi?
1. IDENTIFIKASI SI&SKL
Upaya pencapaian disesuakan dengan kondisi satuan pendidikan.
Bagaimana Mengidentifikasi ?
Standar Proses :
1. IDENTIFIKASI SI&SKL
- Standar Isi
- Kerangka dasar dan struktur kurikulum
- Beban belajar
- KTSP
- Kalender pendidikan
- Standar Kompetensi Lulusan
- SKL satuan Pendidikan
- SKL Kel. mata pelajaran
- SKL mata pelajaran
Upaya pencapaian disesuakan dengan kondisi satuan pendidikan.
Bagaimana Mengidentifikasi ?
Standar Proses :
- Penyiapan per pembelajaran.
- Pelaksanaan proses pembelajaran.
- Penilaian hal bel
- Pengawasan Pembelajaran
- Perangkat Penilaian
- Pelaksanaan Penilaian
- Hasil Penilaian
2.PENYUSUNAN KTSP
- Prinsip Pengembangan Ktsp
- Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
- Beragam dan terpadu
- Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
- Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
- Menyeluruh dan keseimbangan.
- Belajar sepanjang hayat.
- Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
ACUAN OPERASIONAL KTSP
- Peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia.
- Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
- Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan.
- Tuntutan pembangunan daerah dan nasional.
- Tuntutan dunia kerja.
- Perkembangan Ilmu Pengetahuan.
- Agama.
- Dinamika perkembangan global.
- Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.
- Kondisi sosial budaya masyarakat setempat.
- Kesetaraan Jender.
- Karakteristik Satuan Pendidikan
Related Posts